Cara Membuat Papeda khas Papua di Rumah, Ini Resepnya!

Cara Membuat Papeda

Papeda masih tetap mirip-mirip dengan bubur, akan tetapi letak bedanya pada bahan dasarnya saja. Bikin Papeda menggunakan sagu. Kehadiran papeda diketemukan oleh penduduk pedalaman papua, lantas berkembang cepat hampir keseluruh pelosok papua serta termasuk juga nusantara. Perpaduan hidangan papeda dengan ikan tongkol, bersama dengan bumbu kunyit dan gabungan rempah yang lain.

Ingin rasakan rasa-rasanya papeda? Tidak butuh jauh-jauh ke tanah Papua, kamu dapat juga membuat sendiri didalam rumah kok. resep membuat papeda enak dan sederhana.



Cara Membuat Papeda, Resep Makanan khas Papua


Bahan Papeda:

- 1/4 tepung sagu
- 2 siung bawang putih
- 4 gelas air
- Garam (seperlunya)
- Kaldu Ayam (seperlunya)
 

Cara Membuat Papeda:

1. Didihkan 3 gelas air
2. Campur tepung sagu, kaldu ayam, garam, serta bawang putih yang sudah di jus halus dengan satu gelas air, lantas aduk di mangkuk.
3. Lalu tuangkan air yang telah mendidih ke kombinasi tepung sagu barusan secara perlahan-lahan. Janganlah lupa selalu untuk mengaduknya sampai kental.
4. Menjadi deh papeda ala rumahan.
 


Eitts...makan papeda tidak komplet rasa-rasanya jika tidak berdampingan dengan kuah kuningnya. Ikuti juga resep membuat ikan kuning pendamping papeda.


resep kuah kuning pendamping papeda

Bahan kuah kuning:

- 500 gr ikan tongkol ukuran tengah (ikan bisa bebas)
- 4 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih
- 1 potong jahe ukuran kecil
- 1 potong kencur ukuran kecil
- 3 buah kemiri
- Merica (seperlunya)
- Ketumbar (seperlunya)
- 2 potong cabai

- 2 buah sereh
- 2 buah tomat
- 5 buah belimbing wuluh
- Kemangi (seperlunya)
- Daun jeruk (seperlunya)
- Daun salam (seperlunya)
- 1 potong kunyit
- 1 potong lengkuas
- 200 ml air

Cara Membuat Ikan Kuah Kuning:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kencur, jahe, kunyit lengkuas cukuplah dikeprek jangan pernah halus. Lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan imbuhkan daun jeruk, daun salam serta sereh. Tumis sampai wangi.
2. Lalu imbuhkan air serta ikan yang telah dipotong tengah. Imbuhkan belimbing wuluh serta tomat yg telah iris serta cabai jika senang pedas. Taburkan garam serta gula seperlunya. Didihkan sampai masak.
3. Paling akhir, sediakan deh.



Kamu bisa coba di rumah untuk masak kuliner khas papua, resep cara membuat papeda dan ikan kuah kuning yang enak dan sederhana. Jika anda seringkali tonton tv yang acaranya selelu menyiarkan mengenai dunia kuliner. jadi, menu masakan papeda kadang seringkali dipertunjukkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Papeda khas Papua di Rumah, Ini Resepnya!"

Posting Komentar