10 Jajanan Pasar dari Olahan Singkong yang Lezat

Jajanan Pasar dari Olahan Singkong

Kini banyak jajanan pasar yang masih jadi makanan yang populer di zaman modern, cemilan tidak harus mahal contoh jajanan pasar tradisional dari olahan singkong ini. Singkong atau ubi kayu bisa dikenal dengan nama ketela ini merupakan makanan penghasil karbohidrat selain nasi bisa dijadikan jajanan pasar yang masih hits sampai sekarang.

Bahan singkong mudah kita jumpai di sekitar kita. Meski harga yang terbilang murah tapi kita bisa jadikan olahan jajanan pasar yang miliki harga tinggi. Langkah yang mudah dalam menikmati singkong ialah dikukus sampai tekstur dagingnya lebih empuk atau dengan cara digoreng. Akan tapi, tahukah kamu jika terdapat beberapa aneka jajanan pasar dari olahan singkong yang lezat singkong?

Melimpahnya singkong di negara indonesia membuat makin banyak beragam makanan terbuat dari singkong, termasuk juga di proses jadi jajanan pasar tradisional yang lezat dan enak. Apa saja jajanan pasar dari olahan singkong? Yuk, simak ulasan berikut ini!

10 Jajanan Pasar dari Olahan Singkong yang Sangat Lezat

1. Tape atau Peuyeum dari Singkong

Tape tidak hanya dari ketan, singkong kayu bisa kalian buat jadi tape yang sangat manis dengan penuh karbonhidrat. Jajanan pasar yang satu ini adalah hasil dari fermentasi singkong yang ditaburkan pakai ragi. Jajanan ini cukuplah populer di beberapa kota di indonesia. Umumnya dijadikan isian es campur.

2. Gethuk Lidri

Bahan dari singkong, vanilli, gula. Dan miliki tampilan warna cantik disajikan dengan parutan kelapa pasti nikmat. Jajanan pasar sangat legendaris banyak dijumpai, saking legendarisnya kue dari olahan singkong ini sampai ada lagunya yang dinyanyikan didi kempot, pasti kalian pernah coba yang jajanan tradisonal dari olahan singkong ini.

3. Kue Sawut Singkong

Jajanan pasar yang satu ini dalam proses membuatnya dari singkong yang diparut. Jadi, pastinya struktur daging singkongnya berasa lebih beda. Kue Sawut Singkong mungkin jarang dijumpai di jakarta atau kota-kota lain, karena kue sawut singkong dari jawa tengah.

Bahan yang dipakai dalam membuat Kue sawut dari singkong yang diparut diberi bumbu vanili dengan garam serta vanilli, kemudian dikukus bersama dengan daun pandan serta gula merah. Kue sawut singkong disajikan dengan parutan kelapa pasti akan lebih nikmat dan enak.

4. Ongol-Ongol Singkong

Siapa yang tidak tahu jajanan pasar ini, iya ongol-ongol yang berasal dari singkong. Kue tradisional ini memiliki bentuk tampilan yang warna-warni serta ditusuk mirip sate, membuat Ongol-ongol berlainan dengan cenil. Kue ini biasa diberikan dengan taburan Kelapa.

5. Rondo Royal Singkong

Ini bukan rondo yang bermakna janda, namun rondo royal singkong ini makanan dari olahan singkong. Bahan yang dipakai ialah tape atau peuyeum yang diselimuti dengan pakai tepung beras, kemudian digoreng. Jajanan tradisional yang miliki bentuk bulat lonjong ini terkenal di Jepara, Jawa tengah.

6. Kue Talam

Mungkin Anda sudah familiar dengan kue ini, tahukah kamu jika kue dengan bentuk tampilan cantik berasal dari singkong?. Kue talam dibikin pakai parutan singkong yang dipadukan dengan santan, gula pasir, tepung kanji, serta tepung beras. Selain itu, untuk susunan atas kue talam dibikin dari adonan tepung beras, santan, air pandan, tepung kanji, serta diberi garam sedikit. Bila tidak mau repot untuk membuatnya, Anda bisa beli kue talam di pasar tradional disana banyak jual jajanan pasar dari olahan singkong.

7. Kue Cenil

Tahukah kamu, jika kue cenil ini hampir sama dengan klepon. Kue cenil juga mempunyai struktur yang dikit kenyal serta lengket gimana-mana gitu. Bahan kue cenil dengan menggunakan singkong yang sudah diparut dicampur dengan santan, garam, agar-agar bubuk, serta gula pasir. Bahkan juga, kue jajanan ini miliki warna-warni yang cantik seperti pelangi serta dibalut dengan kelapa parut agar lebih nikmat saat makanan kue cenil ini.

8. Kue Mata Roda

Jajanan yang satu ini pasti terdengar asing buat kamu. Jika kue mata roda ini bahan dari singkong, lho! Kue ini diberi nama kue mata roda sebab memiliki bentuk bulat seperti roda serta sisi tengahnya ada potongan buah pisang yang terlihat seperti mata. Rasa jajanan pasar kue mata roda pastinya kamu bakal ketagihan deh!.

9. Jongkong Singkong

Jajanan pasar berasal dari singkong yaitu jongkong singkong ini banyak dicari dan digemari oleh penikmat kuliner jajanan pasar. Sama halnya dengan jajanan pasar lainnya yang nikmat jika disajikan dengan pakai kelapa parut. Tekstur dari kongkong sedikit agak lengket serta sisi tengah berisi gula merah.

10. Tetel Singkong

Tetel tidak harus berasal dari bahan ketan, akan tetapi ada pula tetel yang berasal dari singkong. Cara membuat tetel singkong dengan pakai bahan singkong, gula merah, lantas didiamkan sampai memiliki tekstur padat.


Berikut 10 aneka jajanan pasar dari olahan singkong yang bisa kalian coba. Jajanan pasar makanan kue murah yang enak buat bernostalgia di masa kecil. Sekarang masih tetap eksis jajanan pasar hingga saat ini. Terimakasih sudah baca artikel diatas, semoga artikel jajanan pasar dari olahan singkong ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Jajanan Pasar dari Olahan Singkong yang Lezat"

Posting Komentar